IEM Shootout “German Elegance vs Japanese Beauty” pt2

by : Mikku
Fitear F111
Harga : sekitar 6 Juta
Driver : single BA

Nah setelah Nino udh ngebahas soal inear SD2 sekarang saatnya gw ngebahas lebih dalam soal suaranya f111 tapi sebelumnya gw bakal ngebahas lg build n fit singkat through my persepective

Build n Fit

inearSD2

Mulai dari SD2 : langsung kerasa premium qualitynya waktu diliat depan mata pertama kali, apalagi kalo coba dipegang…. smooth dark curvy acrylic….mmmm nice body. salah satu kelemahan utama dari sd 2 ini bukan di housingnya tetapi ada di kabel aslinya yang warna putih (old batch) untungnya di batch yang baru kabel inear ini bakal warna hitam, karena di kabel putihnya yang lama, stelah beberapa waktu maka bakal jadi oksidasi dan ngasih aksen ijo ijo gitu yang kesannya kayak lumut, walaupun hal tersebut tidak berpengaruh ke build qualitynya tapi tetep ga terlalu enak diliat mata

Fitting SD2 ini warrrbyasaaahhh enak, walaupun sekilas seolah housingnya besar, tapi karena lekukan serta penempatan nozzle yang tepat banget, bisa ngebuat iem ini sangat nyaman di kuping dan ga gerak gerak pas dipake jalan ato aktivitas lainnya

fitearFitear F111

Soal tampang fitear f111 juga ga kalah kerennya, sama sama punya kesan sexy & premium tapi di sini fitear punya sedikit perbedaan dimana acrylicnya lebih tembus pandang dibandingkan dengan inear, juga ada pin fitear yang khas dan nozzle titanium yang menonjol (liat gambar bawah)

inear vs fitear 2
(kiri F111 kanan SD2)

Dalam hal tampilan kesan awal gw ngerasa fitear sedikit lebih sexy terutama karena nozzle dan pin nya

Tapi untuk fitting, inear punya kelebihan di kuping gw, dimana inear langsung slep! masuk nyaman ga gerak gerak lagi, awalnya gw rada kesusahan pas nyobain f111 yang lebih menonjol n somehow di kuping gw mesti coba puter puter dikit housingnya biar pas

Sound

Mulai dari low region , kalo lu suka bass, apalagi basshead… menjauh aja deh dari iem ini…. pasti berasa hampa…. karena kebanyakan berasa punch bass nya cuma di sekitar upper bass dan sedikit mid bass. gausah diragukan lagi, bass adalah kelemahan f111. sangat kurang depth dan low timbre yang tidak natural karenanya. coba mainin soundtrack dari film whiplash pas solo drum, bakal berasa kick bass cuma berasa seolah dep dep dep, bukannya DUG DUG DUG seperti yang diharapkan malah kadang suaranya bisa kayak tom tom.

Masuk ke mid ato yang biasa dibilang vokal…… damn this is it!!! so vivid!! so clear!!.
ini kelebihan utama dari fitear f111  vokalnya, dibanding dengan SD2 yang punya vokal lebih nyantai, atau laidback yang biasa main di sekitar low mid, f111 ini main di sekitar upper mid yang berasa lebih maju n lebih nyemprot, tapi hasilnya vokal lebih clear dengan pengucapan lirik lagu yang lebih jelas. tapi sayangnya tetep ada kelemahan juga dalam vokalnya yaitu upper mid peak nya yang masih bisa terasa apalagi di vokal perempuan di lagu lagu rekaman yang kurang baik, nevertheless it’s a beautiful vokal indeedvery impressive.
gw udh denger banyak single BA driver Iem (ex: aurvana in ear 2, phonak pfe series, final audio heaven series, ortofon eq7, westone um1, hippo pro one, grado gr10) dan sampe sekarang gw rasa fitear f111 ini punya vokal yang paling clear dibanding single Ba driver iem lainnya.

Treble yang bright and airy lepasss dengan presence  yang cukup berasa juga timbre upper region yang cukup bagus, walaupun peak di upper mid cukup berasa, tapi peak di treble ini nyaris gapernah gw temuin. suara biola, terompet nada tinggi, dan piano, saxophone… smuanya lepassss dan disajikan dengan baik, walaupun ada cut sedikiiiiittt di sekitar upper treble tapi hal itu ga pernah mengganggu gw waktu denger instrumen di sini

Soundstage presentation dari fitear f111 cukup berbeda dari inear dimana fitear berasa lebih luas karena punya width yang lebih baik serta height yang sedikit lebih terasa karena airinessnya, namun sd2 jelas punya depth yang lebih baik dan terasa lebih 3D dibanding f111.

Overall

fitear f111 ini bener bener single driver BA yang bikin kagum, dan jelas pantas di harganya yaitu 6 juta, sampai skarang saya bisa bilang ini iem single BA terbaik yang pernah saya coba… very good job fitear yang bikin gw makin penasaran soal fitear fitear yang dibilang adalah upgrade yang cocok dari f111. walaupun ada kelemahan terbesar di bass, namun hal tersebut cukup dimaklumi terutama karena f111 hanya memakai single BA, selain bass, mid dan treble disajikan dengan sangat sangat baik terutama untuk vokal.

Score :
Build : 9/10
fit : 7/10
isolation : 6/10
bass : 5/10
mid : 9/10
treble : 7,5/10
value : 8/10

rank : A

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s