Senfer UE “Gem on a Budget”

Writer : Mikku
Senfer UE
Harga : sekitar 300K (tanpa kabel)
Driver : Single Dynamic Driver

Build, fit, & isolation :

Oke, mulai dari bentuknya dulu, bentuk housingny cakep banget n halus, ga kliatan barang murahan asal kasih glitter doang, warnanya cakep n rapih, bahan plastik. Untuk harga segini, jujur terlihat lebih mahal dari harga aslinya.

Sayang untuk bagian fitnya rada susah karena housingnya termasuk besar n lumayan tebel sehingga untuk dapetin fit yang pas kadang butuh waktu, n untuk kuping kecil mungkin tetep ga bisa dipake lama lama. tapi kalo udh terbiasa, lama lama jadi gampang kok. untuk isolationnya sendiri bwt kuping gw sangat oke dan di atas rata-rata di haga segini.

12814069_1169487323062388_3192758259593642395_n
Perbandingan ukuran Senfer UE dengan Shure se 215
12801131_1169487269729060_8886705365250870876_n
Fitting Senfer UE

Sound :


Sebelum masuk ke bagian suara, perlu diinfokan bahwa barang ini bisa dibeli tanpa kabel, dan hal itulah yang gw beli, jadi dapetnya housing doing, namun kabel untuk iem ini sangat mudah dicari karena iem ini menggunakan connector mmcx yaitu sama dengan yang dipakai di iem seperti Shure dan Westone dimana connector ini sudah bukan hal yang jarang. Tentunya untuk setiap kabel akan memberikan hasil yang berbeda-beda terhadap tonal atau bahkan teknikalitas yang dihasilkan, pada kesempatan ini saya menggunakan kabel bawaan shure 215 Clear

Bass :
Bassny ckup besar, punchy n decaynya ga terlalu cepet atopun ga terlalu lambat jd cukup allrounder buat banyak jenis lagu, fun n enak lah haha, ga ada tuh bass nutupin mid ato treble, kontrolnya sangat bagus.

Mid :
Ada sedikiiiiiittt bleed dr upper bass ke low mid, midny jd brasa warm n lmayan tebel, tapi bwt vokal cewe jga enak, alias ga mendem. Positioningny rada mundur tp ga mundur banget, dibandingin iem v shape macem vsonic gr 02 be ato vsd2 bwt saya ini midny masi lbh maju mungkin lebih tepat bisa dibilang mild V shaped atau U shaped. Mid senfer ini jga safe banget karena ga ada peak d upper mid yg bikin telinga sakit (update : di beberapa kabel dengan bahan silver seperti element bisa memunculkan sibilance di peak upper mid)

Treble :
Ckup natural dengan timbre yang cukup baik, namun sayangnya ekstensi treblenya sendiri belum terlalu jauh, namun di harga segini, dalam kelas in ear monitor saya masih merasa treble dari senfer ue termasuk bagus.

Soundstage, Separation n Imaging

Soundstagenya ternyata widthnya lumayan luas, untuk harganya ini luasnya lebih dari cukup, tapi sayang dia ga terlalu punya dimensi depth, jd suaranya masih lebih ke 2D, belum cukup 3D buat orkestra, ckup bagus tapi ya gitu brasanya cma kanan kiri. Tapi separation iem ini termasuk sangat bagus di kelas harganya, bahkan ketika saya bandingkan dengan iem seperti vsd3s, level detail dan separationnya bisa dibilang sudah setara.

overall

buat suara segini fun, rapih, dan harga cuma 300k an…seriously… what are you waiting forrr~~ definitely a steal….. apalagi kalo punya kabel mmcx nganggur

score

Build : 8/10
Fit : 7/10
Isolation : 9/10
Bass : 8/10
Mid : 7/10
Treble : 7/10
Soundstage : 8/10
Separation : 8/10
Imaging : 6/10
Value : 9/10

Rank : C

 

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s