Flare R2A “Little Big Shots”

by mikku
pernah nonton little big shots?? soal anak anak kecil berkemampuan luar biasa??? nah kali ini gw bakal ngereview 1 iem unik banget, masi baru banget muncul d pasaran, ukuranny kecil banget n super simple, packaging jga cma kotak karton kecil doang…. tp harganya di atas 3 juta rupiah.. dan suaranyaa??? sooo worth it!!
flare r2a 2(disclaimer : photo from massdrop)

flare r2a
single micro dynamic driver
harga : 175 Pound (sekitar 3,5 juta belum ongkir dari UK)

liat gambar di atas? ya bentuknya gitu doang… kayak pelor, dipotong, dibentuk dijadiin iem, belum lagi bentuknya kecil banget
IMG_20160324_213834perbandingan sama tenore

Build n Fit:

bahan housing terbuat dari aluminium, flare r2 series ini ada 3 macem, mulai dari flare R2A yang terbuat dari aluminum, lalu flare R2S yang terbuat dari stainless steel, sampai flare R2Pro yang terbuat dari grade 5 titanium, gw baru prnah coba yg r2a n r2s doang, n soal build sama sama bagus banget, walaupun kecil n kabelny rada tipis tapi beda jauh sama tenore yg kabelnya rasanya ringkih, flare brasa lbh kuat n punya gw pribadi udh sering ketarik tarik ga sengaja tapi tetep aja kuat terus.

okay lalu soal fitting, karena flare ini kechwill bgt jd gampang banget dipake slep masuk ke kuping…. tapiii masalahnya ada di y splitterny yg rada tebel n berat, jd lucunya sbisa mungkin ini iem dipake over ear kalo ga gampang jatoh (at least that’s what happened to me) tetep aja enak, lalu isolationny sendiri lmayan bagus walaupun ga bagus bagus amet yaa normal.

Sound:

mulai dari bass, bass yg dihasilkan ga terlalu gede maupun terlalu kecil, tp kualitasnya bassny mantep banget, decay yang natural, sangat terkontrol juga depth yang rasanya definitely one of the best deh di harga segini dalem n ada rumble d sub bassny, wow, lovin the bass, megah n sangat terkontrol.

midnya lebih ke netral ya rasanya, clear, positioning di tengah, pengucapan kata jelas banget, tapi sayangnya kurang natural karena ada rasa metalik trutama di upper midnya yang kadang jahat, rawan sibilance tapi untungnya hal ini bisa dihindari kalo pake tips bawaannya yaitu tips comply tx200 yang emang bikin suaranya jd tetep sama jelasnya tapi suara metailikny hilang sama skali, sayangnya ga smua orang bisa make tips foam, apalagi durabilityny foam jga ga sebagus silikon.

treble flare r2a ini sendiri bisa dibilang rada nyantai dan bahkan ada yg bilang dark, tapi gw yg penggemar musik orkestra dan instrumen bisa bilang walau rada nyantai, tp serunya tiap instrumen masi tetep berasa dan jelas, tanpa berasa mendem sama skali, jd very enjoyable

take a deep breath, here comes the special one: soundstage ya, soundstage ny flare ini MEGAAAHHHHHH, LUASSSSSSS dengan width n depth yg bagus kalo denger orkestra brasa kayak di music hall dengan imaging yang juga bagus banget 3D, untuk yang suka musik megah ini cuocoookkk banget, kecil kecil tapi gila soundstagenya.

overall bwt gw flare ini cukup allrounder kecuali kalo pake tips silikon suka berasa tajem di sekitar upper mid. iem ini spesial di bass dan soundstagenya, bukan basshead tp high quality bass dengan decay yg natural bgt.

build : 9/10
fit : 8/10
isolation : 7/10
bass : 9/10
mid : 8/10
treble : 8/10
soundstage : 10/10
imaging : 8/10
value : 9,5/10

Rank : B

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s